Selasa, 25 Oktober 2016

INVITA 2016

INVITA 2016
         
Perkenalkan, nama saya Rayhan Zamzam dari kelas 8A. Kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya ketika mengikuti INVITA 2016. INVITA ( Industri Visit dan Tafakur Alam) adalah kegiatan yang diperuntukkan kepada siswa-siswi kelas 8 SMP Labschool Jakarta. Kegiatan ini tiap tahun rutin dilaksanakan. Kegiatan INVITA berlangsung di Kota Solo dan Yogyakarta dan berlangsung selama 4 hari. Perjalanan menuju Yogyakarta dan ke Jakarta menggunakan kereta api. INVITA 2016 berlangsung pada tanggal 19-23 Oktober 2016.
Pada hari Rabu, 19 Oktober, siswa-siswi kelas 8 SMP Labschool Jakarta berkumpul di Pintu Utara Stasiun Gambir pada pukul 17.30. Kemudian, siswa-siswi kelas 8 SMP Labschool Jakarta melaksanakan Sholat Maghrib berjama’ah di mushola stasiun. Kemudian, mereka berkumpul sembari menunggu siswa-siswi yang lain di dalam stasiun. Setelah semuanya dipastikan sudah hadir, peserta INVITA 2016 kemudian diberi tiket oleh wali kelasnya masing-masing. Pada pukul 19.00, peserta INVITA 2016 naik menuju peron kereta Argo Lawu yang berangkat pukul 20.00. Setelah semuanya sudah berada di kereta, mereka diberi makan malam dan makanan ringan. Perjalanan dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Tugu Yogyakarta memakan waktu kurang lebih 8 jam 30 menit. Untuk mengurangi kebosanan saat berada di kereta, peserta INVITA bisa bermain HP, mengunjungi teman lain, dan lain sebagainya. Setelah peserta INVITA 2016 sampai di Stasiun Tugu Yogyakarta, mereka dijemput menggunakan bus yang sudah siap menunggu di stasiun.
Perjalanan pertama di Yogyakarta yaitu menuju Rumah Makan Tamansari untuk ganti baju, mandi dan sarapan pagi. Setelah itu, peserta INVITA pergi menuju Sabila Farm, perkebunan buah naga yang cukup luas. Disana, para peserta diberikan penjelasan tentang tanaman buah naga, sirsak dan lain-lain. Peserta juga diperbolehkan untuk mencoba berbagai produk hasil dari buah naga, seperti es krim buah naga dan pudding buah naga. Setelah berkunjung ke Sabila Farm, peserta INVITA 2016 pergi ke salah satu pabrik tekstil yang memproduksi pakaian tentara dari berbagai negara, yaitu PT. Sritex. Disana kita dapat melihat berbagai koleksi pakaian tentara dari negara lain, seperti Malaysia, Timor Leste, dan lain-lain. Kita juga menonton sejarah PT. Sritex dari jaman dahulu hingga sukses seperti sekarang. Disana juga terdapat showroom untuk membeli berbagai barang hasil produksi Sritex seperti topi, tas kecil, baju dan celana. Karena perjalanan dari PT. Sritex ke hotel yang kita tinggali cukup lama, maka kita pergi ke Masjid untuk sholat terlebih dahulu. Setelah itu, kita kembali ke Hotel Cavinton untuk istirahat.
Di hari kedua INVITA 2016, peserta INVITA diajak ke Keraton Yogyakarta dengan menggunakan shuttle dari keraton. Disana kita mengelilingi setiap ruangan yang ada, salah satumya adalah ruang yang berisi lukisan yang konon mata di lukisannya dapat mengikuti orang yang melihatnya. Setelah melihat keraton, peserta singgah di Masjid Agung Bantul untuk melaksanakan Sholat Jumat dan dzuhur. Kemudian, peserta pergi ke Desa Wisata Batik Giriloyo untuk belajar membatik. Hasil dari membatik ini nantinya akan dikembalikan kepada peserta. Ketika acara belajar membatik telah usai, peserta INVITA pergi ke salah satu tempat favorit di Yogyakarta, yaitu Pantai Parangtritis. Disana, para peserta dapat bermain ATV, berfoto-foto, atau sekedar melihat pemandangan pantai yang indah. Setelah puas di Pantai, peserta pergi ke salah satu tempat produksi kaus khas Yogyakarta, yaitu Jogja T-Shirt. Barulah kemudian peseta kembali  ke hotel untuk istirahat.

Di hari terakhir INVITA 2016, peserta melanjutkan perjalanan menuju lereng gunung merapi untuk Lava Tour menggunakan jip yang sudah disewakan. Lava Tour ini sangat seru karena jalan yang ditempuh bergelombang sehingga membuat adrenalin menjadi terpacu. Kita juga singgah di salah satu rumah seorang mantan lurah yang rumahnya hancur terkena abu vulkanik ketika dulu. Disana terdapat bangkai 2 motor yang sudah hangus terbakar. Setelah itu, kita bergi ke bunker Kaliurang. Di tempat ini adalah tempat yang cocok untuk berfoto, karena latar belakangnya yaitu Gunung Merapi dan perbukitan. Setelah itu, peserta singgah di Rumah Makan Orang Utan untuk mengisi tenaga. Sebelum kembali ke Stasiun Tugu Yogyakarta, peserta INVITA mengunjungi salah satu dari 7 keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur. Setelah itu, peserta mengunjungi tempat oleh-oleh bakpia dan makanan khas Yogyakarta lainnya. Setelah itu, peserta kembali ke Stasiun Tugu Yogyakarta untuk pulang kembali ke Jakarta menggunakan kereta api Taksaka Malam. Pada pukul 04.00, peserta INVITA 2016 sampai di Stasiun Gambir dengan selamat. Perjalanan ini tentunya sangat berkesan bagi setiap siswa-siswi kelas 8 SMP Labschool Jakarta. Dengan perjalanan ini, para siswa dapat mengetahui berbagai tempat yang menarik selain di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar