Senin, 08 Mei 2017

Raw Denim Sebagai Pandangan Gaya Hidup Masa Kini Bab 1



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
          Pada awalnya, denim merupakan bahan yang digunakan untuk celana jeans yang digunakan oleh angkatan laut Italia karena bahannya yang memungkinkan digunakan dalam keadaan basah atau kering. Selain itu, bahan denim tidak mudah sobek dan awet. Istilah denim berasal dari sebuah  kota di Prancis yaitu Serge de Nimes yang kemudian disingkat menjadi de nime atau denim. Sedangkan istilah jeans berasal dari Bahasa Italia “Genoese” yang berarti pelaut dari Italia yang memakai pakaian biru. Pakaian biru itulah yang sampai saat ini disebut celana jeans.
          Celana jeans mulai diproduksi untuk umum pada tahun 1800 di Genoa, Italia. Pada saat itu, celana dengan bahan denim ini mulai disukai masyarakat Genoa dan akhirnya menyebar hingga ke masyarakat Prancis. Pada abad 18 akhir, celana jeans memasuki Amerika dan mulai menjadi tren ketika Levi Strauss dan temannya, Jacob Davis, memperkenalkannya kepada pekerja tambang di Amerika Serikat. Denim adalah suatu bahan pembuatan celana jeans yang terbuat dari kain katun twill. Pada masa kini, para remaja mulai menyukai tren dari celana jeans, terutama yang terbuat dari raw denim. Celana jeans

yang terbuat dari raw denim memiliki arti tersendiri bagi pecinta jeans. Hal ini dikarenakan raw denim memiliki kualitas fading (memudar) yang lebih baik dibandingkan dengan celana jeans yang terbuat dari bahan denim biasa. Raw denim adalah suatu bahan pembuatan celana jeans yang ketika sudah selesai diproduksi maka langsung dijual tanpa dilakukannya pencucian. Raw denim jika dilihat dan dirasakan maka warnanya terlihat lebih gelap dan teksturnya lebih keras/ kaku. Seiring dengan berkembangnya zaman, sekarang sudah ada berbagai macam celana jeans. Di Indonesia, raw denim sudah mulai terkenal meskipun belum sepopuler denim biasa. Produsen raw denim di Indonesia juga sudah cukup banyak dan bermacam-macam.
          Celana jeans dengan bahan raw denim bisa ditemui di tempat-tempat seperti The Goods Dept , stockroom, dan toko-toko tertentu. Saat ini, kebanyakan para pecinta denim membelinya secara online di website resmi suatu produk. Produk-produk lokal yang saat ini diakui kualitasnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri yaitu Sage, Oldblue Co , elhaus, aye denim, dan lain-lain. Produk ini dinilai dari kualitas bahannya, hasil yang dapat ditimbulkan seperti fading, honeycombs, dan whiskers juga dilihat dalam penilaian produk-produk tersebut. Di masa kini, celana raw denim dipakai sebagai gaya hidup dan tren terkini. Celana raw denim ini cocok jika dipakai bersamaan dengan sepatu kulit. Maka tak heran, saat ini, beberapa produk seperti Oldblue Co. melakukan kolaborasi dengan salah satu produsen sepatu kulit terkenal di Indonesia agar dapat menemukan fit yang pas jika dipasangkan dengan sepatu kulit. Belum lama ini, diselenggarakan acara yang wajib didatangi bagi para pecinta denim, yaitu Wall of Fades. Disini, para pecinta denim dapat melihat ataupun membeli berbagai jenis jeans dari berbagai produk. Di dalam acara ini, juga terdapat seminar untuk melihat dan mengenal raw denim lebih dekat. Terdapat juga seminar tentang cara memadukan pakaian dengan raw denim agar terlihat cocok dan bagus jika dipakai. Berbagai narasumber juga turut diundang dalam acara ini. Tak hanya jeans, di acara Wall of Fades juga terdapat produk-produk yang menjual dompet-dompet, sabuk, gelang kulit dan berbagai macam produk kulit lainnya. Dari acara Wall of Fades ini, para pecinta denim merasa dihargai dan diakui oleh masyarakat awam. Masyarakat awam pun juga dapat turut serta jika ingin mengenal raw denim lebih lanjut.
1.2. Perumusan Masalah
Dalam karya tulis ini, penulis akan menjawab dan menjelaskan berbagai pertanyaan, yaitu:
1. Apa itu raw denim?
2. Dimana celana jeans pertama kali dibuat?
3. Bagaimana perkembangan denim hingga terkenal sampai saat ini?
4. Siapa yang pertama kali membuat celana jeans?
5. Apa hasil dari pemakaian raw denim secara teratur?
6. Apa perbedaan denim biasa dengan raw denim?
7. Bagaimana cara merawat raw denim yang baik dan benar?
1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut:
1. Memberi penjelasan dan pengetahuan mengenai raw denim.
2. Menjelaskan contoh-contoh hasil dari pemakaian raw denim.
3. Memberikan tips merawat raw denim yang baik dan benar.
4. Menjelaskan perbedaan raw denim dengan denim biasa.
5. Menjelaskan bagian-bagian dari celana jeans.
6. Memberi informasi mengenai sejarah jeans lebih lanjut.
7. Sebagai salah satu profil lulusan siswa SMP Labschool Jakarta.
1.4. Pembatasan Masalah
Pada karya tulis ini, masalah yang akan dibahas dibatasi pada 3 topik, yaitu hasil pemakaian raw denim, sejarah denim, dan aksesoris pelengkap denim.
1.5. Teknik Pengumpulan Data

Metode penelitian yang digunakan di dalam karya tulis ini adalah metode kualitatif. Sebagian besar materi yang terdapat dalam Karya Tulis ini diambil dari internet serta berdasarkan pengamatan penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar